Komputer di Sekolah Bukan untuk UNBK Saja

Dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), fasilitas seperti komputer menjadi hal penting yang harus dimiliki sekolah. Namun, pengadaan komputer di sekolah bukan hanya untuk UNBK, melainkan pada peningkatan pembelajaran.

Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Prof Nizam menekankan agar pengadaan komputer bukan hanya digunakan untuk UNBK saja. Melainkan pada proses pembelajaran di sekolah.

“UNBK bukan hanya sekadar pindah dari kertas ke komputer saja. Tapi juga mendorong keahlian di abad 21. Jangan sampai sekolah mengadakan komputer hanya untuk UNBK saja,” ungkapnya di Kemdikbud, belum lama ini.

Menurut Nizam, dengan bertambahnya jumlah komputer yang ada di sekolah. Maka pemanfaatan komputer di sekolah juga harus lebih baik lagi.

“Kalau sekolah menambah jumlah komputer, berarti pemanfaatannya bisa semakin baik,” ujarnya.

Pelaksanaan Ujian Nasional dari kertas dan beralih ke komputer adalah sebuah keniscayaan. Penggunaan UNBK ini sendiri untuk bisa mendorong kompetensi di abad 21.

“Baik dari segi teknologi maupun literasi. Yang kami tekankan ke sekolah adalah agar siswa tidak boleh dirugikan. Misalnya, siswa sudah mengerjakan 20 soal, tiba-tiba lampu mati. Tapi jawabannya itu bisa disimpan, sehingga bisa mengerjakan di sisa waktu yang ada. Kita mengamankan pada servernya,” tambahnya. (afr)

(rfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*