Tips Maksimalkan LinkedIn untuk Cari Kerja

SELAIN pilihan job listing yang ada saat ini, sudah banyak media sosial seperti Linkedin yang menawarkan platform pencarian kerja untuk perusahaan dan calon atau kandidat pencari kerja. Selain mudah dan langsung terhubung dengan koneksi yang ada LinkedIn juga diberikan secara gratis untuk semua orang yang ingin menggunakannya, selain itu tersedia pula pilihan berbayar yang ditujukan kepada perusahaan dan pencari kerja.

Melalui empat tips berikut ini, diharapkan Anda bisa memaksimalkan akun Linkedin untuk menarik perhatian perusahaan dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

  1. Kata kunci (keywords)

Untuk mempermudah perusahaan menemukan latar belakang pendidikan serta kemampuan Anda, coba tambahkan kata kunci pada tulisan yang terdapat di akun Linkedin Anda. Misalnya jika Anda adalah seorang web designer coba tambahkan tulisan ‘responsive design’ dalam informasi di akun LinkedIn yang Anda miliki. Jika Anda masih kesulitan untuk menemukan kata kunci yang tepat, bisa memanfaatkan situs berikut, yaitu Google Trends, KeywordSpy dan SEMRush.

  1. Bergabung berkontribusi dengan grup

LinkedIn memiliki banyak pilihan grup yang menarik dan sesuai minat Anda. Cobalah untuk bergabung dengan pilihan grup tersebut dan berkontribusi mulai dari berbagi artikel dan link yang menarik hingga memberikan komentar yang relevan dalam perbicangan yang ada. Dengan demikian, posisi Anda akan semakin dikenal secara global dan tentunya lebih memudahkan perusahaan untuk menemukan profil Anda.

  1. Rekomendasi

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Linkedin adalah Rekomendasi. Manfaatkan fitur ini sebaik mungkin demi mendapatkan testimoni yang layak dan tepat terkait dengan performa kerja Anda melalui teman, rekan kerja dan lainnya. Jika saat ini Anda masih belum banyak mendapatkan rekomendasi di akun LinkedIn Anda, coba berikan rekomendasi kepada teman dekat, rekan kerja dan jaringan lainnya, dengan demikian Anda pun akan mendapatkan rekomendasi terkait dengan pekerjaan Anda.

  1. Endorsement

Fitur lainnya yang juga menarik dan bermanfaat di LinkedIn adalah Endorsement, fitur ini memiliki kesamaan dengan rekomendasi, namun bisa diberikan dalam jumlah yang banyak dari satu orang berdasarkan dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh pemilik akun. Semakin banyak rekomendasi yang diberikan oleh rekan-rekan jaringan Anda semakin besar pihak perusahaan melihat kemampuan Anda di profil akun LinkedIn.

(rfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*